Bakti Sosial : Penjualan Paket Murah Sembako

TIK Xavega News, 11 Agustus 2012
Sobat TIK Xavega, rangkaian kegiatan perayaan pesta perak SMA Xaverius 3 Palembang kembali bergulir. Pada hari Sabtu (11/8) Panitia Pelaksana Pesta Perak melalui Sie. Bakti Sosial mengadakan kegiatan penjualan paket murah sembako bagi masyarakat kurang mampu.
Sebanyak 250 paket murah sembako yang masing-masing terdiri dari 10 kg beras, 1 kg minyak goreng, 2 kg gula pasir dan 10 bungkus mie instan telah disiapkan. Sehari sebelumnya, masyarakat yang telah didata sudah melaksanakan pengambilan kupon untuk pembelian paket murah sembako tersebut.


Sejak pukul 08 pagi, di bawah tenda yang telah dipersiapkan di halaman sekolah, warga penerima paket murah telah berdatangan. Mereka terdiri dari warga kurang mampu di lingkungan Rt. 19, para abang becak, petugas parkir, pedagang K5, satpam pasar, dan pasukan baju kuning (petugas pembersih jalanan) dari Dinas Kebersihan kota Palembang yang sehari-hari berada di kawasan Jalan Kolonel Atmo Palembang sekitar SMA Xavega.

Suasana pelaksanaan pembagian paket murah.

Seperti biasa, setelah melalui sedikit acara ceremoni dengan laporan dan kata sambutan, paket murah sembako akhirnya dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya. Dengan menukar kupon dan membayar senilai Rp. 30.000,- warga akan mendapatkan paket murah sembako senilai kurang lebih Rp. 125.000,-. Untuk memudahkan pembagian, panitia pelaksana mengelompokkan warga penerima menjadi beberapa blok, antara lain blok RT, becak Atmo, Azzura, Methodits, Lembang, Linda, 14 Ilir, Satpam, dan Pasukan Kuning. Dengan sistem blok seperti ini, pembagian dapat berlangsung dengan tertib dan cepat sehingga warga tidak terlalu lama menunggu dan panitia pun dapat melanjutkan aktivitas lainnya.

Bpk. St. Agus Yuswana memberikan paket murah kepada salah satu warga.

Sebuah pembelajaran yang sangat positif bagi warga dan masyarakat penerima paket murah sembako, bahwa panitia memberlakukan aturan cukup ketat dan tidak "menggratiskan" paket sembako tersebut.
Pertama, diharapkan bahwa semua orang makin menyadari bahwa untuk mendapatkan sebuah kemudahan pun diperlukan suatu usaha. Dengan mendaftar dan menyertakan kartu identitas, kemudian menyiapkan uang dengan jumlah tertentu menjadi sebuah contoh bahwa tidak cukup mudah untuk mendapatkan sebuah kemudahan.
Kedua, menanamkan sifat jujur bagi warga. Dicoretnya beberapa nama calon penerima paket murah karena diindikasikan menggunakan identitas palsu, mendaftarkan diri dari beberapa tempat berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan paket lebih dari satu.


Bakti sosial dalam wujud pembagian paket murah sembako sebenarnya merupakan kegiatan rutin tahunan SMA Xavega. Namun kali ini menjadi sedikit spesial karena berlangsung dalam suasana pesta perak SMA Xavega dan bertepatan dengan bulan Ramadhan, dimana saudara-saudara kita yang beragama Islam sedang melaksanakan ibadah puasa dan sebentar lagi akan merayakan hari lebaran. Semoga bakti sosial ini dapat sedikit membantu meringankan beban mereka dalam menyambut Idul Fitri 1433 H.

Sobat TIK SMA Xavega, satu lagi rangkaian kegiatan pesta perak telah dilaksanakan, silahkan tunggu event akbar selanjutnya di bulan September 2012.

Hanya di SMA Xavega, "ONE STEP AHEAD".

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA