Seminar Pendidikan dalam rangka Pesta Perak SMA Xavega Palembang

Palembang, 12 Mei 2012

Sobat TIK SMA Xavega,
melanjutkan rangkaian kegiatan perayaan Ulang Tahun ke-25 SMA Xaverius 3 Palembang, pada hari Sabtu (12/5) bertempat di Hotel Sandjaja Palembang, diselenggarakan seminar pendidikan yang mengusung 2 tema sekaligus, yaitu
  1. Pembentukan Karakter Pendidik dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran yang Profesional, Mandiri, dan Harmoni, serta
  2. Pendidikan yang Berbasis Pendekatan Personal dan Praktik dalam Proses Pembelajaran yang Profesional, Mandiri, dan Harmoni.

Kegiatan ini dihadiri oleh segenap guru dan karyawan SMA Xaverius 3, serta undangan dari sekolah Katolik dalam kota Palembang, juga perwakilan sekolah Katolik luar kota Palembang yang berada di bawah naungan Yayasan Xaverius Palembang.

Tidak tanggung-tanggung, seminar ini menghadirkan dua orang pembicara dengan level nasional, bahkan internasional. Namun yang terpenting adalah bahwa para pembicara yang hadir sebagai nara sumber tersebut merupakan tokoh yang sangat "concern" dengan dunia pendidikan. Kedua nara sumber adalah Prof. Dr. Yohanes Surya, Ph. D yang terkenal sebagai tokoh olimpiade Sains, pencetak siswa berprestasi, dan telah berulang kali membawa harum nama Indonesia di dunia internasional dalam ajang olimpiade Fisika internasional. Kemudian Prof. dr. Hardi Darmawan, M.P.H & T.M. FRSTM, AIF yang lebih di kenal sebagai sosok seorang dokter sederhana, yang saat ini menjabat sebagai direktur RS.K. Charitas Palembang.

Para peserta seminar, semangat dari awal hingga akhir
Sebagian tokoh yang berkesempatan hadir : Bapa Uskup Agung, Ketua Yayasan Xaverius Palembang, dan Ketua Komite Sekolah.
Prof. Dr. Yoh. Surya, Prof. dr. Hardi Darmawan, Bapa Uskup Agung Palembang, didampingi pejabat pemerintah dari Disdikpora kota Palembang, para moderator seminar, kepala Sekolah, dan ketua panitia Pesta Perak SMA Xavega Palembang.

Prof. dr. Hardi Darmawan, M.P.H & T.M. FRSTM berkesempatan menyampaikan makalah pada sesi 1. "Guru yang menginspirasi" - Pembentukan Karakter Pendidik dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran yang Profesional, Mandiri, dan Harmoni disampaikan dalam bentuk sharing pengalaman ketika mendidik anak dan para mahasiswa beliau. Secara umum, para guru diajak untuk menghayati kembali makna profesinya, tidak mudah menyalahkan, dan selalu melakukan introspeksi diri.

Ada satu hal yang menarik yang penulis tangkap dari sharing yang disampaikan, yaitu "Tidak ada anak bodoh, yang ada yaitu anak belum menemukan guru yang tepat dan metode pembelajaran yang pas." Nah, bagaimana kita para guru menanggapi hal ini?

Prof. dr. Hardi Darmawan saat berbagi pengalaman dengan peserta seminar.


Pada sesi 2, Prof. Dr. Yohanes Surya, Ph.D dengan makalah "Pendidikan yang Berbasis Pendekatan Personal dan Praktik dalam Proses Pembelajaran yang Profesional, Mandiri, dan Harmoni" juga melakukan sharing pengalaman dengan para peserta seminar. Bagaimana tips dan trik menjadi seorang guru yang inovatif dan kreatif sehingga dapat membawa perubahan bagi peserta didik disampaikan melalui contoh nyata yang pernah beliau alami. Ketika sebagai guru dihadapkan kepada suatu permasalahan, bagaimana cara guru dapat menemukan solusi atas permasalahan tersebut secara kreatif dan inovatif.
Ahaa....! sebuah pencerahan yang langka didapatkan dari nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya.

Prof. Dr. Yohanes Surya, Ph. D saat meyampaikan makalah seminar.


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan kota Palaembang, yang diwakili oleh Drs. Reza Fahmi. M.M, dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan seminar pendidikan SMA Xavega mengatakan, menyambut baik kegiatan seminar pendidikan seperti ini dan berharap bahwa kegiatan ini dapat dikembangkan di masa mendatang dengan mengundang sekolah-sekolah lain (tidak hanya dalam lingkup sekolah Katolik). Beliau juga menyampaikan selamat atas pesta perak SMA Xaverius 3 Palembang.


Seminar pendidikan dengan nara sumber yang sungguh berkompeten sangat langka didapatkan. Dan SMA Xaverius 3 di usianya yang ke-25 tahun ini dapat menyelenggarakannya dengan sukses. Satu rangkaian kegiatan pesta perak telah dilalui. Kita tunggu rangkaian kegiatan berikutnya.

Proficiat SMA XAVEGA Palembang.

ditulis oleh : Pak Dwik

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA