Contoh Lembar Jawab Komputer [UN] dengan QR Code

Hi, sobat TIK SMA Xavega,
Ujian Nasional (UN) sudah didepan mata. Untuk satuan pendidikan tingkat SMA, UN akan dilaksanakan mulai Senin, 15 April hingga Kamis, 18 April 2013. UN tahun 2013 ini kelihatannya akan sangat berbeda dengan sebelumnya, terutama pada penggunaan LJK (Lembar Jawab Komputer).

Dalam LJK UN tahun 2013, para peserta UN tidak lagi menuliskan kode soal, karena kode soal sudah dibuat dalam bentuk model QR code (mirip seperti bar code), dimana peserta UN tidak bisa mengetahui kode soalnya, dan tidak mengetahui dia mendapat kode soal nomor berapa. Ditambah lagi, LJK ini sudah di setting berpasangan langsung dengan naskah soalnya.

Sedikit informasi tentang kode QR.
QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai. 
QR merupakan singkatan dari Quick Response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

Berikut adalah contoh LJK UN SMA dengan QR Code:

Demikian sobat TIK SMA Xavega, apapun bentuk pengkodean soal UN rasanya tidak menjadi kendala selagi sobat telah mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam menghadapi UN.
Tetap bersemangat dan raihlah nilai sebaik mungkin dalam pelaksanaan UN 2013.

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA