QUERY pada Microsoft Access

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa query bertujuan untuk menampilkan data dengan cara menyeleksi atau memilih data dari semua data yang ada pada suatu database. Pemilihan atau penyeleksian data ini didasarkan pada kriteria tertentu, seperti misalnya kriteria umur, agama, gaji, dsb.

Query merupakan suatu tabel virtual, artinya data yang ada pada suatu query bisa diperlakukan sebagaimana data yang ada pada sebuah tabel, namun secara fisik data tersebut tidak tersimpan dalam suatu tabel tertentu, sehingga dapat digunakan untuk membantu pengguna dalam melakukan manipulasi data.

Fungsi umum dari pada Query adalah:

Pertama:
Melakukan FILTERING. Query dapat memfilter agar data yang diinginkan saja yang akan ditampilkan, atau bisa juga sebaliknya, Query juga dapat digunakan untuk mencegah data yang tidak diinginkan tampil.

Kedua:
Dapat digunakan untuk membentuk FIELD BARU, yang datanya dibuat dengan formula tertentu, dan merupakan hasil pengolahan dari field yang lain.
Misal: Pada tabel terdapat Field TANGGAL_LAHIR, dengan field tersebut kita bisa membentuk Field baru yang isinya berupa usia atau umur dengan menggunakan rumus perhitungan data tanggal.

Ketiga:
Query dapat menggabungkan data dari beberapa tabel, yang datanya saling berkorelasi, untuk ditampilkan dalam satu tabel saja

Keempat:
Dapat digunakan untuk melakukan manipulasi isi tabel, baik menambah, menghapus, ataupun mengedit isi tabel.

Kelima:
Dapat digunakan untuk membentuk tabel baru, yang isinya merupakan formula tertentu dari data yang diambil dari tabel lain, atau data dari Form.

Bagaimana membuat query pada Microsoft Access, khususnya versi 2007? 
Silahkan mulai dari tab menu Create, lihat pada kelompok Other. Pada ribbon kelompok Other ada dua ikon yang tersedia untuk membuat query, yaitu Query Wizard dan Query Design.Pilih salah satu ikon tersebut untuk mulai membuat query.


Berikutnya kita akan mencoba membuat query dengan ikon menu Query Design, tepatnya menggunakan pemrograman SQL.

Apa itu SQL dan bagaimana pemrogramannya untuk membuat sebuah query? Ikuti artikel selanjutnya...tetap di TIK SMA Xavega!

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA