Tugas I Kelas XI IPS 1

Silahkan Anda jawab soal-soal di bawah ini dengan tepat. Materi soal-soal di bawah dapat Anda pelajari pada buku modul TIK SMA Xavega kelas XI, dipersilahkan juga untuk menggunakan atau mencari dari sumber lainnya.


  1. Jelaskan pengertian database!
  2. Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!
  3. Jelaskan fungsi dari:
    1. Tables
    2. Queries
    3. Forms
    4. Reports
  4. Jelaskan pengertian:
    1. Field 
    2. Record
  5. Tuliskan definisi dari pengurutan data :
    1. Asscending
    2. Descending

Jawaban langsung Anda tuliskan pada kotak komentar di bawah ini. Jangan lupa menuliskan Nama, kelas, dan nomor absen. Untuk menghindari copas, maka semua jawaban akan ditampilkan setelah berakhirnya dateline pengumpulan tugas.
Selamat mengerjakan.

57 comment:

Billy Chandra(09/XIS1) said...

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan obyek tertentu yang memiliki tujuan khusus.

2. - Text adalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 2555 karakter.
- Memo adalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 32000 karakter.
- AutoNumber adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul secara otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.
- Lookup Wizard adalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang
diulang.
- Attachment adalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung.

3. a. Tables atau tabel adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data. Tabel merupakan komponen utama dari sebuah database, sekaligus obyek pertama yang harus dibuat. Tabel dapat dibuat satu atau lebih sesuai dengan kebutuhan.
b. Queries adalah obyek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data. Dengan Queries, kriteria atau syarat dapat diatur agar suatu data dapat ditampilkan beserta bagaimana urutan penampilannya.
c. Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik. Di dalam forms dapat ditambahkan tombol-tombol tertentu untuk mempermudah pekerjaan pada saat pengisian atau penyuntingan data yang kelak akan dilakukan.
d. Reports adalah bentuk laporan yang dihasilkan dati tabel atau Queries. Report merupakan laporan yang dapat ditampilkan di layar, dan selanjutnya bisa digunakan untuk dicetak dengan printer. Reports tidak dapat memasukkan atau menyunting data ke dalam database reports.

4. a. Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Field merupakan unit terkecil dari informasi berharga dalam database. Setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field.
b. Record adalah kumpulan field-field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa berupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala.

5. a. Ascending merupakan pengurutan data dimana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya. Contoh: 1,3,5,7...
b. Descending merupakan pengurutan data dimana data diurutkan dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya. Contoh: 9,7,5,3..

Oktavianus Adrian said...

Nama : Oktavianus Adrian
kelas : XI IPS 1
Nomor Absen : 35
Alamat Facebook : Oktavianus_adrian@yahoo.com
1.Jelaskan pengertian database!
•Database adalah kumpulaninformasiyang disimpan di dalamkomputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu programkomputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
•Database adalah representasi kumpulanfaktayang saling berhubungandisimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagaikebutuhan.
•Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan padasuatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
•Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatuorganisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secaraterintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Oktavianus Adrian said...

Nama : Oktavianus Adrian
kelas : XI IPS 1
Nomor Absen : 35
Alamat Facebook : Oktavianus_adrian@yahoo.com

2.Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!
- Sebelum kita memulai Membuat database sebaiknya kita perlu mengetahui type Data yang terdapat didalam tabel itu sendiri sehingga kita tahu peruntukannya untuk apa saja.
So untuk mengetahui type data tersebut sekarang kita buka aja dulu Ms. Acces 2007 kemudian create Database dan kita simpan dengan nama latihan. Maka Secara Otomatis akan muncul worksheet acces dengan tampilan awal yaitu table1, kita save
table tersebut dan diberinama table1.
Arahkan cursor ke table1 yang berada dibilah kiri, kemudian klik kanan dan pilih Design View dan ketika terbuka maka akan muncul Field Nama, Data Type dan Description.
Penjelasannya adalah sebagai berikut :
Field Name adalah untuk nama kolom dalam tabel yang akan kita buat misalkan Nomor urut, nama, tanggal, alamat, jumlah dan lain sebagainya.
Data type adalah jenis data yang disesuaikan fungsinya yang diberinama di Field name tersebut misalkan jika di Field Name kita beri judul Nomor Urut maka Type Datanya bisa dengan memilih Nomor yang muncul Secara Otomatis (maka pilih AutoNumber) atau manual dalam mengisinya (pilih Number) dan yang lainnya (akan dijelaskan dalam postingan ini).
Description adalah sebagai penjelasan terhadap kolom yang dibuat tadi.
Mengenal dan memahami Data type itu penting agar tidak salah dalam pembuatan tabel nantinya. Adapun Type Data yang disediakan di ms. Acces 2007 adalah sebagai berikut :
•Text adalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 2555 karakter.
•Memo adalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 32000 karakter.
•Number adalah type data yang diperuntukan untuk angka saja.
•Date/Time adalah type data yang diperuntukan untuk menampilkan tanggal dan waktu.
•Currency adalah type data yang hampir sama dengan number tapi diperuntukan untuk format mata uang.
•Yes/No adalah type data untuk sebuah logika Ya atau Tidak.
•OLE Object adalah type data yang dipergunakan untuk menampung gambar atau obyek dengan ukuran tidak lebih dari 128 MB.
•Hyperlink adalah type data untuk menmapilkan alamat hyperlink dengan batas maksimum penampungannya adalah 2048 karakter.
•AutoNumber seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.
•Lookup Wizard adalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.
•Attachment adalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini.

Oktavianus Adrian said...

Nama : Oktavianus Adrian
kelas : XI IPS 1
Nomor Absen : 35
Alamat Facebook : Oktavianus_adrian@yahoo.com

3 Jelaskan fungsi dari:
A.Tables
B.Queries
C.Forms
D.Reports

•Tables

1.Insert Table
Insert Table berfungsi untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
2.Insert Table…
Insert Table ke dua ini berfungsi untuk menyisipkan tabel secara menual
3.Draw Table
Draw Table berfungsi untuk mengatur style tabel secara menual
4.Convert Text to Table
Convert Text to Table berfungsi untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
5.Excel Spreadsheet
Excel Spreadsheet berfungsi untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
6.Quick Tables
Quick Tables berfungsi untuk

•Queries

- Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan karyawan yang beralamat di kota Yogyakarta, menampilkan karyawan yang berjenis kelamin perempuan, atau menampilkan karyawan yang tingkat pendidikannya S1, menampilkan data siswa dengan NIS sesuai keinginan, menampilkan siswa yang nilai TIK-nya tidak tuntas dll. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Query. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan syarat antar tabel itu ada field yang berhubungan. Contohnya, kita ingin melihat NIS 20324 nama siswanya siapa? Nama orang tuanya siapa ? dll. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.
Ada dua cara untuk membuat Query, yaitu dengan:
1. Create query by using wizard
2. Create query in design view
Jika ingin membuat dengan cara yang kedua maka kita ikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Access. Tetapi jika kita ingin membuat query dengan format kita, maka kita gunakan cara 1. Beberapa fungsi yang ada, diantaranya sama seperti dalam Microsoft Excel, misalnya Sum, Avg, Min, Max, Count, Stdev dll. Fungsi logika seperti AND, OR, NOT, <, >, <=, >= dapat juga kita gunakan dalam baris criteria.

Sebelum berlatih langkah-langkah membuat query, ada baiknya kita kenali dulu istilah-istilah berikut ini:
Field : nama field yang ingin ditampilkan
Table : nama tabel dari field tersebut
Sort : mengurutkan data hasil query
Show : mengatur field ditampilkan atau tidak
Criteria : syarat dari data yang ingin ditampilkan.

•Forms

Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.

•Reports

Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan. Dengan report, kita menjadi lebih leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.
Cara yang mudah untuk membuat report adalah dengan Create report by using wizard

Oktavianus Adrian said...

Nama : Oktavianus Adrian
kelas : XI IPS 1
Nomor Absen : 35
Alamat Facebook : Oktavianus_adrian@yahoo.com

4 Jelaskan pengertian:
a.Field
b.Record

•Field
Field adalah bagian dari table yang merupakan item-item (kolom) dari data.
Field dibagi tiga komponen yaitu :
1.Nama Field, pada sistem operasi windows boleh dibuat bebas seperti contoh: Nomor Induk, Nama Pegawai, Golongan, Tgl_lahir, dsb
2.Tipe Field, Ada beberapa macam tipe dari field.
3.Properti Field, berfungsi untuk mengatur masukan dan tampilan data.
Beberapa macam tipe dari field, contoh :
1. String: Tipe field untuk data-data string/ character seperti NIP,Nama, Alamat, Golongan, dsb.
2. Number: Tipe field untuk data-data numeric/ angka. Number dapat dipecah beberapa jenis seperti pada tabel berikut:
Field Size
Byte
Integer

Long Integer

Single

Double

Replication ID

3. Date/Time: Tipe field untuk data-data

tanggal/jam, seperti : tgl_lahir,TMT, jam
datang,dsb'

4. Currency: Tipe field untuk data yang berhubungan
dengan uang, seperti : Gaji, Bonus, Tunjangan, dsb.

5. Memo: Tipe field untuk data-data memo seperti

keterangan, catatan, dsb.

6. Yes/No: Tipe field untuk data-data yang berisi

hanya peryataan true/false atau Ya/ tidak, seperti

contoh : Lunas, Status, dsb.

7. Autonumber: Tipe field untuk data-data

penomoran otomatis, seperti contoh : Nomor,

Transaction_Id, dsb.

•Record
Disini saya akan menjelaskan sedikit apa itu Record, Record adalah suatu struktur yang berisi sejumlah komponen yang dinamakan field, setiap field bisa berbeda typenya. Setiap field harus memiliki nama yang berbeda untuk memungkinkan pemilihan field secara acak

Record mempunyai bentuk umum yaitu:
- Bentuk Umum Record
Type
Variable = record
…field = type data
…field = type data
…field = type data
End.

Contoh Program Sederhana Dalam Turbo Pascal
Type
Hasil = record
Jari-jari = real;
Keliling = real;
Luas = real;
End.
Var
Lingkarang = hasil;
Begin
Write (jari-jari lingkaran?); real readln (lingkaran.jari-jari);
Lingkaran.keliling :=2 * Pi * lingkaran.jari-jari;
Lingkaran.luas := Pi * sqr (lingkaran jari-jari);
Writeln;
Writeln (‘keliling lingkaran =’, lingkaran.keliling:7:2);
Writeln (‘luas lingkaran =’, lingkaran luas :7:2);
End.

Oktavianus Adrian said...

Nama : Oktavianus Adrian
kelas : XI IPS 1
Nomor Absen : 35
Alamat Facebook : Oktavianus_adrian@yahoo.com

5.Tuliskan definisi dari pengurutan data :
a.Asscending
b.Descending
- Sort Ascending
Sort Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)

- Sort Descending
Sort Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Kevin Rinando T/ XIS1 / 30 said...

1. Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan) yang disimpan dalam media penyimpanan eletronik.
2. - Text : menampung data berbentuk teks
- Memo : menampung data berbentuk teks yang panjang
- Number : menampung data berbentuk angka(Long integer,Single, Doble,…)
- Currency : menampung data berbentuk angka (uang)
- Autonumber : menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya
- Yes/No : menampung data Yes/No
- OLE Object : menampung data nilai object OLE
3. a. Tabel merupakan kumpulan dari beberapa record dan field yang dugunakan untuk memasukan data
b. Query merupakan sebagai pernyataan atau permintaan yang digunakan untuk mencari data tertentu yang telah dimasukaan pada tabel, mengurut data, memilih data
c. Form merupaka formulir yang digunakan untuk memasukan data, menampilkan dan mencetak data agar lebih mudah
d. Report digunakan untuk membuat laporan yang akan dicetak oleh printer
4. a. tempat data atau informasi dari suatu kelompok yang sejenis yang juga merupakan keterangan dari masing-masing isi record
b. bagian dari baris dimana data-datanya tersusun dengan lengkap dari kelompok yang sama dan sejenis
5. a. pengurutan dari angka yang nilainya lebih kecil kemudian menuju ke nilainya yang lebih besar
b. pengurutan dari nilainya yang lebih besar kemudian menuju ke nilainya yang lebih kecil

nama : Kevin Rinando T
Kelas/no : XIS1/30

Saputrahendi91@yahoo.com said...

Nama:Hendy Saputra
Kelas; XI.IPS 1
No : 24

1.Database:sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang
memiliki tujuan khusus.

2.Text, adalah tipe data yang berisikan huruf atau kombinasi huruf dan angka. Tipe data ini memiliki panjang 255 karakter.
Memo, adalah tipe data yang berisikan huruf atau kombinasi huruf dan angka. Tipe data ini memiliki panjang 65535 karakter.
Number, adalah tipe data yang berisikan angka untuk perhitungan matematis. Tipe data ini memiliki panjang 1, 2, 4, atau 8 byte (1 byte = 1 karakter = 8 bit binary).
Date/Time, adalah tipe data yang berisikan tanggal bulan dan tahun. Tipe data ini memiliki panjang 8 byte.
Currency, adalah tipe data yang berisikan angka yang melibatkan 1 sampai 4 angka di belakang koma (desimal). Tipe data ini mampu terlibat dalam perhitungan sampai 15 digit di depan koma, dan 4 digit di belakang koma. Panjangnya 8 byte.
AutoNumber, adalah tipe data yang berisikan angka yang mengalami increment (penambahan dengan skala kelipatan yang tetap). Defaultnya adalah 1.

3.Tables:Tempat untuk menyimpan kumpulan data.
Queries:Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
Forms :Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam
bentuk formulir elektronik.

4.Field: unit terkecil yang disebut data.
Record:Sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu,

5.Asscending: pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
Descending:kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.




JiMz_cTs said...

Nama : Jimmy Tamrin Husin
Kelas : XI IPS 1
No. Absen : 27

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text adalah data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimus berisi 255 karakter
b. Date/Time adalah data berupa tanggal dan waktu
c. Auto Number adalah data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis
d. Hyperlink adalah bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet
e. LookUp Wizard adalah untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar
3. a. Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data
b. Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data
c. Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untu mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
d. Reports adalah bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries
4. a. field adalah tempat untuk merencanakan dengan menentukan data apa saja yang kita perlukan
b. record adalah tempat untuk mengetik atau menuliskan isi dari field yang telah kita tentukan
5. a. Asscending adalah sorting atau pengaturan data dari atas ke bawah dalam LookUp Wizard
b. Descending adalah sorting atau pengaturan data dari bawah ke atas dalam LookUp Wizard

Anselmus Bimmasakty said...

NAMA :Anselmus Bimmaskty
KELAS/ABSEN:XI IPS 1 / 07
1. Database adalah sekumpulan data yang saling terhubung satu dengan yang lainnya atau kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. Text, menampung data berbentuk teks yang panjang(maksimal 255 karakter).
Memo, menampung data berbentuk teks yang panjang.
Number, menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Doble).
Currency, menampung data berbentuk angka(nilai mata uang).
Autonumber, menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya.

3. a.Table digunakan untuk menyimpan data
b. Queries berfungsi untuk menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita hanya ingin melihat data pada table Mahasiswa yang Nim nya “MA001”. fungsi lainnya adalah untuk menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat antara table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nim “01200506” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil data dari table Mahasiswa dan Table Nilai, Sebagai penghubungnya adalah field NIM. Dan yang terakhir Dapat melakukan operasi perhitungan. Dengan kata lain queries digunakan untuk memanipulasi data.
c. Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows. Form dalam access bisa dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika bekerja dalam transaksi master-detail.
d. Report dalam Microsoft Access berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4. a. Field adalah sebuah unit data yang berisi satu atau lebih karakter (byte). Ia merupakan unit terkecil dari informasi berharga dalam database. Setiap field memiliki nama field yang menggambarkan jenis data yang harus dimasukkan ke dalam field. Contoh field adalah nama pertama Anda, alamat jalan, atau jenis kelamin Anda.
Field dapat didesain dengan panjang maksimun terntentu. Field juga dapat didesain dengan tipe data berbeda, semisal hanya teks, atau hanya angka, tanggal, waktu, atau bahkan hanya jawaban “ya” dan “tidak”, link web, gambar, suara dan video.
b. Record adalah kumpulan field-field yang berhubungan. Masing-masing record menyimpan data hanya sekitar satu entitas, yang bisa berupa orang, tempat benda dan peristiwa atau gejala. Contoh record bisa saja nama dan alamat anda dan Nomor Jaminan Sosial anda.

5. a. Ascending merupakan pengurutan data yang diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya. Contoh ascending 1,3,5,7,9, …
b. Descending merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya. Contoh descending 9,7,5,3,1,…

febri said...

HTTP://TIK-SMAXAVEGA.BLOGSPOT.COM
NAMA :Febry Fransisko
KELAS:XI IPS 1
ABSEN:17


1. DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.


2. -TEXT :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
-MEMO :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
-DATE/TIME:data berupa tanggal dan waktu.
-HYPERLINK:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
-LOOKUP WIZARD:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.


3. A.-TABLES:tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B.-QUERIES:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C.-FORMS:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D.-REPORTS:merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.


4. A.-FIELD :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B.-RECORD:Kumpulan dari field.


5. A.-ASSCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B.-DESCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Dwi Marchelina . XI.S1 / 15 said...

1. DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.


2. *TEXT : data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
   *MEMO : data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
   *DATE/TIME: data berupa tanggal dan waktu.
   *HYPERLINK: merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
   *LOOKUP WIZARD: untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar. 


3. A. TABLES:  untuk menyimpan kumpulan data.
   B. QUERIES: objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
   C. FORMS: fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
   D. REPORTS: merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.


4. A. FIELD : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
   B. RECORD: kumpulan  dari field.


5. A. ASSCENDING: teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
   B. DESCENDING: teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Yuni Prawinata XI.S1/46 said...

1. DATABASE adalah : sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.


2. -TEXT : -data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
   -MEMO : -data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
   -DATE/TIME: -data berupa tanggal dan waktu.
   -HYPERLINK: -merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
   -LOOKUP WIZARD: -untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar. 


3. A.-TABLES: -tempat untuk menyimpan kumpulan data.
   B.-QUERIES: -objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
   C.-FORMS: -fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
   D.-REPORTS: -merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.


4. A.-FIELD : -merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
   B.-RECORD: -Kumpulan dari field.


5. A.-ASSCENDING: -teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
   B.-DESCENDING: -teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Tommy Lim XI.S1-39 said...

1. DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.


2. -TEXT :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
-MEMO :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
-DATE/TIME:data berupa tanggal dan waktu.
-HYPERLINK:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
-LOOKUP WIZARD:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.


3. A.-TABLES:tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B.-QUERIES:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C.-FORMS:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D.-REPORTS:merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.


4. A.-FIELD :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B.-RECORD:Kumpulan dari field.


5. A.-ASSCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B.-DESCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Desi Natalia S. said...

1. database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2.1. Text, yaitu data yang bisa diisi dengan nilai kombinasi antara text dan number, dengan maximum karakter sebanyak 255 karakter.
2. Memo, sama saja dengan jenis Text, hanya saja memiliki jumlah karakter maksimum yang lebih banyak, yaitu 63,999 karakter.
3. Date/Time, yaitu data dengan jenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu.
4. Currency, yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya Rp, $, dll. Currency dapat menggunakan angka dengan 15 digit dibelakang desimal dan 4 digit sesudah desimal.
5. AutoNumber, yaitu data yang tidak dapat kita isi secara manual melainkan ia terisi secara otomatis oleh Access, baik secara menjumlah ataupun random (acak).

3. Tables berfungsi untuk menyimpan kumpulan data
Queries berfungsi untuk mengatur data mana saja dri sutau tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai manipulasi data.
Forms berfungsi untuk tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
Reports berfungsi untuk laporan yang dapat ditampilkan dilayar selanjutnya bisa digunakan untuk dicetak dengan printer.

4. Field adalah merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
Record adalah kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.
5. Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya. Sedangkan descending merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.
Nama : Desi Natalia Samsudin
Kelas : XI IPS 1 / 13

sinta fransiska (37) said...

Nama : Sinta Fransiska
Kelas : XI.IPS1
Absen : 37

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus

2. 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007 :
- text, data text berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
- memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536.
- currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan. Ketelitian sampai empat desimal.Currency dapat diformat seperti number.
- auto number, data berupa nomor nomor berurutan secara otomatis. kita tidak dapat mengubah nomor nomor tersebut.
- hyperink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb.

3 fungsi dari :
a. Tables berfungsi untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.
b. Queries berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki.
c. Forms digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain.
d. Reports berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4. Pengertian dari :
a. Field
merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
b. Record
Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. Definisi dari pengurutan data :
a. Ascending
merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b. Descending
merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

yohanes fernando said...

NAMA : Yohanes Fernando
KELAS : XI IPS 1
ABSEN : 45

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.

2. -Text :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
-Memo :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
-Date/time :data berupa tanggal dan waktu.
-Hyperlink:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
-Lookup wizard:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.

3. A.-Tables :tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B.-Queries:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C.-Forms:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D.-Reports :merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.

4. A.-Field :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B.-Record :Kumpulan dari field.

5. A.-Asscending:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B.-Descending:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

lady han's said...

Nama :Lady han's
Kelas :XI IPS 1
Absen :31
1.Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2.1.teks,data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter
2.number,data berupa angka yang dapat digunakan dalm perhitungan
3.Date/Time,data berupa tanggal dan waktu
4.Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhiungan
5.Auto Number,data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis
3.a.Tables,berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan kumpulan data
b.Queries,berfungsi sebagai objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat memanipulasi data
c.Forms, berfungsi sebagai fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
d.Reports, berfungsi sebagai laporan yang dapat ditampilkan dilayar
4.a.field adalah tempat data/informasi dalam kelompok sejenis yang dimasukkan/diinputkan pada bagian kolom pada table
b.Record adalah kumpulan field yang saling berhubungan
5.a.Asscending mengurutkan data dari yang terkecil sampai terbesar
b.Descending mengurutkan data dari yang terbesar sampai terkecil

Novika anggrilita said...

1. Database Adlh sekumpulan informasi yg berhubungan dgn objek tertentu yg memiliki tujuan Khusus.
2. 5 tipe data yg trdpt du access 2007 Adlh daftar nilai Siswa, bio data Karyawan,daftar buku, daftar Anggota perpustakaan, kumpulan nmr tlpn dlm buku tlpn.
3. Fungi tabel : agar database dpt berfungsi
Fungsi form: agar objek form tampil dlm bntuk grafis yg professional, dimana kita dpt mempermudah pkerjaan pda Saat pengisian data yg kelak akn dilakukan
4. Field Adlh sebuah unit data yg Berisi 1/ lebih karakter(byte)
Record: kumpulan field" yg berhubungan.
5. Accerding : mengurutkan dari a sampai z
Descending: mengurutkan dari z sampai a

Novika Anggrilita/XI IPA 2/24

Jerry said...

nama:jerry
kelas:XI IPA2
nomor absen:17

1.database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.

2.
a)text,data berupa karakter/huruf ,angka ,termasuk karakter khusus ,maximum berisi 255 karakter
b)memo,data berupa karakter yang lebih panjang dari pada yang disimpan oleh data text ,yaitu 65536 karakter
c)data/time,data berupa tanggal/waktu
d)autonumber,data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.kita dapat mengubah nomor-nomor tersebut
e)yes/no,yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya,yaitu yes/no,true/false,atau on/of

3.
a)tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.tabel merupakan komponen utama dari sebuah database,sekaligus objek pertama yang harus kita buat.kita dapat membuat satu atau lebih tabel sesuai dengan kebutuhan
b)queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data
c)forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
d)reports merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.

4.
a)field :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data,seperti misalnya nama,alamat dan lain sebagainya.
b)record adalah kumpulan-kumpulan field

5.
a)asscending merupakan pengurutan data yang mana diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b)descending merupakan kebalikan dari asscending yaitu pengurutan data yang mana diurutkan dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya

Andhika Pratama Rusmin XI IPS 1 ( 05) said...

1. Jelaskan pengertian database!
•Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan padasuatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
•Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatuorganisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secaraterintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Andhika Pratama Rusmin XI IPS 1 ( 05) said...

2. Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!
Type Data yang disediakan di ms. Acces 2007 adalah sebagai berikut :
•Text adalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 2555 karakter.
•Memo adalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 32000 karakter.
•Number adalah type data yang diperuntukan untuk angka saja.
•Date/Time adalah type data yang diperuntukan untuk menampilkan tanggal dan waktu.
•Currency adalah type data yang hampir sama dengan number tapi diperuntukan untuk format mata uang.
•Yes/No adalah type data untuk sebuah logika Ya atau Tidak.
•OLE Object adalah type data yang dipergunakan untuk menampung gambar atau obyek dengan ukuran tidak lebih dari 128 MB.
•Hyperlink adalah type data untuk menmapilkan alamat hyperlink dengan batas maksimum penampungannya adalah 2048 karakter.
•AutoNumber seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.
•Lookup Wizard adalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.
•Attachment adalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini.


Andhika Pratama Rusmin XI IPS 1 ( 05) said...

3 Jelaskan fungsi dari:
A.Tables
B.Queries
C.Forms
D.Reports

A.Tables
1.Insert Table
Insert Table berfungsi untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
2Insert Table 2
Insert Table ke dua ini berfungsi untuk menyisipkan tabel secara menual
3.Draw Table
Draw Table berfungsi untuk mengatur style tabel secara menual
4.Convert Text to Table
Convert Text to Table berfungsi untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
5.Excel Spreadsheet
Excel Spreadsheet berfungsi untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
6.Quick Tables
Quick Tables berfungsi untuk

B.Queries
Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan karyawan yang beralamat di kota Bandung, menampilkan karyawan yang berjenis kelamin laki-laki, atau menampilkan karyawan yang tingkat pendidikannya S1, menampilkan data siswa dengan NIS sesuai keinginan, menampilkan siswa yang nilai TIK-nya tidak tuntas dll. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Query. Query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan syarat antar tabel itu ada field yang berhubungan. Contohnya, kita ingin melihat NIS 29817 nama siswanya. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.
C.Forms
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.
D.Reports
Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan. Dengan report, kita menjadi lebih leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.

Andhika Pratama Rusmin XI IPS 1 ( 05) said...

4 Jelaskan pengertian:
a. Field
b. Record

A.Field adalah bagian dari table yang merupakan item-item (kolom) dari data.
Field dibagi tiga komponen yaitu :
1. Nama Field, pada sistem operasi windows boleh dibuat bebas seperti contoh: Nomor Induk, Nama Pegawai, Golongan, Tgl_lahir, dsb
2. Tipe Field, Ada beberapa macam tipe dari field.
3. Properti Field, berfungsi untuk mengatur masukan dan tampilan data.

B.Record
Record adalah suatu struktur yang berisi sejumlah komponen yang dinamakan field, setiap field bisa berbeda typenya. Setiap field harus memiliki nama yang berbeda untuk memungkinkan pemilihan field secara acak

Record mempunyai bentuk umum yaitu:
- Bentuk Umum Record
*Type
*Variable = record
*field = type data
*End.

Andhika Pratama Rusmin XI IPS 1 ( 05) said...

5.Tuliskan definisi dari pengurutan data :
a)Asscending
b)Descending

Sort Ascending
Sort Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
Sort Descending
Sort Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

novian chandra XI-IPS 1 (34) said...

1. Jelaskan pengertian database!
• Database adalah
kumpulaninformasiyang disimpan di dalamkomputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu programkomputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
• Database adalah
representasi kumpulanfaktayang saling berhubungandisimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagaikebutuhan.
• Database
merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan padasuatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
• Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintergrasi
dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

novian chandra XI-IPS 1 (34) said...

2. Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!
- Sebelum kita memulai Membuat database sebaiknya kita perlu mengetahui type Data yang terdapat didalam tabel itu sendiri sehingga kita tahu peruntukannya untuk apa saja.
Jadi untuk mengetahui type data tersebut sekarang kita buka aja dulu Ms. Acces 2007. kemudian create Database dan kita simpan dengan nama latihan. Maka Secara Otomatis akan muncul worksheet acces dengan tampilan awal yaitu table1, kita save
table tersebut dan diberi nama tabel 1.
Arahkan cursor ke table 1 yang berada dibilah kiri, kemudian klik kanan dan pilih Design View dan ketika terbuka maka akan muncul Field Nama, Data Type dan Description.
Penjelasannya adalah sebagai berikut :
Field Name adalah untuk nama kolom dalam tabel yang akan kita buat misalkan Nomor urut, nama, tanggal, alamat, jumlah dan lain sebagainya.

Data type adalah jenis data yang disesuaikan fungsinya yang diberinama di Field name tersebut misalkan jika di Field Name kita beri judul Nomor Urut maka Type Datanya bisa dengan memilih Nomor yang muncul Secara Otomatis (maka pilih AutoNumber) atau manual dalam mengisinya (pilih Number) dan yang lainnya (akan dijelaskan dalam postingan ini).

Description adalah sebagai penjelasan terhadap kolom yang dibuat tadi.
Mengenal dan memahami Data type itu penting agar tidak salah dalam pembuatan tabel nantinya. Adapun Type Data yang disediakan di ms. Acces 2007 adalah sebagai berikut :
• Text adalah type data berupa teks atau huruf, angka, spasi dan tanda baca lainnya yang mampu menampung karakter dari huruf dan angka tersebut sebanyak 2555 karakter.
• Memo adalah type data yang hampir sama dengan Text tetapi karakter yang mampu ditampungnya sangat besar yaitu sampai dengan 32000 karakter.
• Number adalah type data yang diperuntukan untuk angka saja.
• Date/Time adalah type data yang diperuntukan untuk menampilkan tanggal dan waktu.
• Currency adalah type data yang hampir sama dengan number tapi diperuntukan untuk format mata uang.
• Yes/No adalah type data untuk sebuah logika Ya atau Tidak.
• OLE Object adalah type data yang dipergunakan untuk menampung gambar atau obyek dengan ukuran tidak lebih dari 128 MB.
• Hyperlink adalah type data untuk menmapilkan alamat hyperlink dengan batas maksimum penampungannya adalah 2048 karakter.
• AutoNumber seperti yang telah dijelaskan diatas, adalah nilai angka atau variasi angka huruf (yang akan berubah hanya angka apabila formatnya perpaduan huruf dan angka) yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit.
• Lookup Wizard adalah type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.
• Attachment adalah type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini.




novian chandra XI-IPS 1 (34) said...

3 Jelaskan fungsi dari:
A. Tables
B. Queries
C. Forms
D. Reports


• Tables

1. Insert Table
Insert Table berfungsi untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi
2. Insert Table…
Insert Table ke dua ini berfungsi untuk menyisipkan tabel secara menual
3. Draw Table
Draw Table berfungsi untuk mengatur style tabel secara menual
4. Convert Text to Table
Convert Text to Table berfungsi untuk mengkonversi teks menjadi tabel dan untuk menyisipkan objek tabel
5. Excel Spreadsheet
Excel Spreadsheet berfungsi untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.
6. Quick Tables
Quick Tables berfungsi untuk

• Queries

Query berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki. Sebagai contoh, kita ingin menampilkan karyawan yang beralamat di kota Yogyakarta, menampilkan karyawan yang berjenis kelamin perempuan, atau menampilkan karyawan yang tingkat pendidikannya S1, menampilkan data siswa dengan NIS sesuai keinginan, menampilkan siswa yang nilai TIK-nya tidak tuntas dll. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas Query. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua tabel atau lebih dengan syarat antar tabel itu ada field yang berhubungan. Contohnya, kita ingin melihat NIS 20324 nama siswanya siapa? Nama orang tuanya siapa ? dll. Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report dan Form.
Ada dua cara untuk membuat Query, yaitu dengan:
1. Create query by using wizard
2. Create query in design view
Jika ingin membuat dengan cara yang kedua maka kita ikuti langkah-langkah yang telah disediakan oleh Access. Tetapi jika kita ingin membuat query dengan format kita, maka kita gunakan cara 1. Beberapa fungsi yang ada, diantaranya sama seperti dalam Microsoft Excel, misalnya Sum, Avg, Min, Max, Count, Stdev dll. Fungsi logika seperti AND, OR, NOT, <, >, <=, >= dapat juga kita gunakan dalam baris criteria.

Sebelum berlatih langkah-langkah membuat query, ada baiknya kita kenali dulu istilah-istilah berikut ini:
Field : nama field yang ingin ditampilkan
Table : nama tabel dari field tersebut
Sort : mengurutkan data hasil query
Show : mengatur field ditampilkan atau tidak
Criteria : syarat dari data yang ingin ditampilkan.

• Forms

Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.

• Reports

Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan. Dengan report, kita menjadi lebih leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan, dapat berasal dari tabel maupun query.
Cara yang mudah untuk membuat report adalah dengan Create report by using wizard.

novian chandra XI-IPS 1 (34) said...

4 Jelaskan pengertian:
a. Field
b. Record
• Field
Field adalah bagian dari table yang merupakan item-item (kolom) dari data.
Field dibagi tiga komponen yaitu :
1. Nama Field, pada sistem operasi windows boleh dibuat bebas seperti contoh: Nomor Induk, Nama Pegawai, Golongan, Tgl_lahir, dsb
2. Tipe Field, Ada beberapa macam tipe dari field.
3. Properti Field, berfungsi untuk mengatur masukan dan tampilan data.
Beberapa macam tipe dari field, contoh :
1. String: Tipe field untuk data-data string/ character seperti NIP,Nama, Alamat, Golongan, dsb.
2. Number: Tipe field untuk data-data numeric/ angka. Number dapat dipecah beberapa jenis seperti pada tabel berikut:
Field Size



Byte



Integer



Long Integer



Single



Double



Replication ID



3. Date/Time: Tipe field untuk data-data
tanggal/jam, seperti : tgl_lahir,TMT, jam
datang,dsb'


4. Currency: Tipe field untuk data yang berhubungan
dengan uang, seperti : Gaji, Bonus, Tunjangan, dsb.


5. Memo: Tipe field untuk data-data memo seperti
keterangan, catatan, dsb.


6. Yes/No: Tipe field untuk data-data yang berisi
hanya peryataan true/false atau Ya/ tidak, seperti
contoh : Lunas, Status, dsb.


7. Autonumber: Tipe field untuk data-data
penomoran otomatis, seperti contoh : Nomor,
Transaction_Id, dsb.


• Record
Disini saya akan menjelaskan sedikit apa itu Record, Record adalah suatu struktur yang berisi sejumlah komponen yang dinamakan field, setiap field bisa berbeda typenya. Setiap field harus memiliki nama yang berbeda untuk memungkinkan pemilihan field secara acak

Record mempunyai bentuk umum yaitu:
- Bentuk Umum Record
Type
Variable = record
…field = type data
…field = type data
…field = type data
End.

Contoh Program Sederhana Dalam Turbo Pascal
Type
Hasil = record
Jari-jari = real;
Keliling = real;
Luas = real;
End.
Var
Lingkarang = hasil;
Begin
Write (jari-jari lingkaran?); real readln (lingkaran.jari-jari);
Lingkaran.keliling :=2 * Pi * lingkaran.jari-jari;
Lingkaran.luas := Pi * sqr (lingkaran jari-jari);
Writeln;
Writeln (‘keliling lingkaran =’, lingkaran.keliling:7:2);
Writeln (‘luas lingkaran =’, lingkaran luas :7:2);
End.

novian chandra XI-IPS 1 (34) said...

5 Tuliskan definisi dari pengurutan data :
a) Asscending
b) Descending
Ascending
Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
Descending
Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Austine Tifany said...

Nama : Austine Tifany
Kelas : XI IPS1
No Absen : 08

1.DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.

2.-TEXT :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
-MEMO :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
-DATE/TIME:data berupa tanggal dan waktu.
-HYPERLINK:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
-LOOKUP WIZARD:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.

3. A. TABLES:tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B. QUERIES:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C. FORMS:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D. REPORTS:merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.

4. A. FIELD :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B. RECORD:Kumpulan dari field.


5.A. ASSCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B. DESCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Hardy said...

Nama : Hardy
Kelas : XI IPS1
No Absen : 23

1.DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.

2.-TEXT :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
-MEMO :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
-DATE/TIME:data berupa tanggal dan waktu.
-HYPERLINK:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
-LOOKUP WIZARD:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.

3.A. TABLES:tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B. QUERIES:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C. FORMS:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D. REPORTS:merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.

4.A. FIELD :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B. RECORD:Kumpulan dari field.


5.A. ASSCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B. DESCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

Fernando saputra said...

Fernando2624@ymail.com
Nama : fernando saputra
Kelas : XIS1
NO ABS : 20
jawaban !
1. Database (basis data) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu filedengan file yang lain sehingga membentukdata untuk menginformasikan satuperusahaan dan instansi.

2. 1. Text, yaitu data yang bisa diisi dengan nilai kombinasi antara text dan number, dengan maximum karakter sebanyak 255 karakter.

2. Memo, sama saja dengan jenis Text, hanya saja memiliki jumlah karakter maksimum yang lebih banyak, yaitu 63,999 karakter.

3. Number, yaitu data dengan jenis number (angka) yang digunakan untuk kalkulasi matematika dan keperluan lainnya.

4. Date/Time, yaitu data dengan jenis tanggal, waktu atau penggabungan dari tanggal dan waktu.

5. Currency, yaitu data dengan jenis number, hanya saja pada awal angka selalu disertakan symbol currency default sesuai dengan regional setting yang digunakan, misalnya Rp, $, dll.

3 A. Icon perintah Table digunakan untuk membuat tabel database baru
B. Query Wizard digunakan untuk membuat query berdasarkan tuntunan yang disediakan dalam MS Access 2007 sehingga user bisa dengan mudah dalam membuat sebuah query
C.Icon Form digunakan untuk membuat formulir database baru
D.Report digunakan untuk membuat format laporan dalam versi standar MS Access 2007

4.a. Table dalam MS Access adalah bagian dari database yang merupakan tempat menampung data dan dibuat sesuai dengan klasifikasi data tersebut.
b.Record : Kumpulan logic dari field pada sebuah table sering di sebut row.

5. a.Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b.descending merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Fernando saputra said...

Terima kasih pak dwi

shelvi anggraini said...

Nama :Shelvi Anggraini
Kelas : XI.IPS1
Absen : 36

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus

2. 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007 :
- text, data text berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
- memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536.
- currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan. Ketelitian sampai empat desimal.Currency dapat diformat seperti number.
- auto number, data berupa nomor nomor berurutan secara otomatis. kita tidak dapat mengubah nomor nomor tersebut.
- hyperink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb.

3 fungsi dari :
a. Tables berfungsi untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.
b. Queries berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki.
c. Forms digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain.
d. Reports berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4. Pengertian dari :
a. Field
merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
b. Record
Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. Definisi dari pengurutan data :
a. Ascending
merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b. Descending
merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

intan sari japar said...



Nama :Intan Sari Japar
Kelas : XI.IPS1
Absen : 26

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus

2. 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007 :
- text, data text berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
- memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536.
- currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan. Ketelitian sampai empat desimal.Currency dapat diformat seperti number.
- auto number, data berupa nomor nomor berurutan secara otomatis. kita tidak dapat mengubah nomor nomor tersebut.
- hyperink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb.

3 fungsi dari :
a. Tables berfungsi untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.
b. Queries berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki.
c. Forms digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain.
d. Reports berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4. Pengertian dari :
a. Field
merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
b. Record
Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. Definisi dari pengurutan data :
a. Ascending
merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b. Descending
merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

angelika christiani said...


Nama :Angelika Christiani
Kelas : XI.IPS1
Absen : 06

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus

2. 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007 :
- text, data text berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
- memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536.
- currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan. Ketelitian sampai empat desimal.Currency dapat diformat seperti number.
- auto number, data berupa nomor nomor berurutan secara otomatis. kita tidak dapat mengubah nomor nomor tersebut.
- hyperink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb.

3 fungsi dari :
a. Tables berfungsi untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.
b. Queries berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita kehendaki.
c. Forms digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain.
d. Reports berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4. Pengertian dari :
a. Field
merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
b. Record
Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. Definisi dari pengurutan data :
a. Ascending
merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b. Descending
merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Anonymous said...

Nama : Alvin Chandra
Kelas: XI S1
Absen: 03

1Jelaskan pengertian database!
-pengertian database sekumpulan informasi yng berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan tertentu

2Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!
-1. Text, maksimum berisi 255 karakter termasuk huruf, angka, dan karakter-karakter khusus
-2. Memo, maksimum berisi 65.536 karakter. Untuk menyimpan jenis data memo ini, Access hanya membutuhkan ruang harddisk sebanyak jumlah karakter yang di ketikkan
-3. Number, menyimpan angka-angka yang biasa digunakan dalam perhitungan (baik bulat maupun pecahan)
-4. Date/Time, menyimpan tanggal dan waktu
-5. Currency, menyimpan angka yang menyatakan jumlah uang atau angka sembarang, dengan ketelitian sampai empat decimal
-6. AutoNumber, menyimpan nomor-nomor berurutan secara otomatis bagi record
-7. Yes/No, hanya ada 2 kemungkinan data, Yes/no, True/false, on/off, bergantung format yang dipilih dibagian property
-8. OLE Object, menyimpan data dari aplikasi windows lain yang mendukung kemampuan OLE (Object Linking and Embedding)
-9. Hyperlinks, bentuk teks atau kombinasi teks yang dapat digunakan sebagai alamat hyperlink (path menuju object atau dokumen lain pada hard disk atau jaringan, Web Page Internet, dsb)
-10. Lookup Wizard, dapat membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar. Akan muncul wizard yang akan menuntun menyelesaikan tahapan pembuatannya

3Jelaskan fungsi dari:

-Tables: tempat untuk menyimpan kumpulan data
-Queries : objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin di tampilkan atau dapat dikatakan pula sebgaia tempat manipulasi data
-Forms : fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
-Reports : merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4Jelaskan pengertian:
-Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record
-Record : Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file . Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5Tuliskan definisi dari pengurutan data :
-Asscending : merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
-Descending : merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya

Vivianti / XI.S1/40 said...

1.DATABASE adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.


2. TEXT :data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter khusus,maksimum berisi 255 karakter.
MEMO :data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.
DATE/TIME:data berupa tanggal dan waktu.
HYPERLINK:merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.
LOOKUP WIZARD:untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.


3. A.TABLES:tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B.QUERIES:objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C.FORMS:fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D.REPORTS:merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.


4. A.FIELD :merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya.
B.RECORD:Kumpulan dari field.


5. A.ASSCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z).
B.DESCENDING:teknik mengurutkan data dari yang terbesark sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a).

alvin said...

Alvin Evan, XI IPS 1, 04
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a) TEXT, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b) MEMO, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536.
c) DATE/TIME, data berupa tanggal dan waktu.
d)CURRENCY, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan. Ketelitian sampai empat desimal.
e) AUTO NUMBER, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis. Kita tidak dapat mengubah nomor-nomor tersebut.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
c) Forms fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D) Reports merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field, merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data.
b) Record, Adalah kumpulan elemen-elemen data yang digabungkan menjadi satu kesatuan, masing-nasing elemen data tersebut dikenal dengan sebutan field. Field data tersebut dapat memiliki tipe data yang sama ataupun berbeda, walaupun field-field tersebut berada dalam satu kesatuan namun masing-masing field dapat diakses secara individual.
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
b) Descending merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Mochtar Kusuma said...

HTTP://TIK-SMAXAVEGA.BLOGSPOT.COM

Nama : Mochtar Kusuma
Kelas : XI IPS 1
No.Abs : 32

1. Jelaskan pengertian database!
= Sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu
yang memiliki tujuan khusus.

2. Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam
Microsoft Access 2007!
= Text : Data berupa karakter/huruf,angka,termasuk karakter
khusus,maksimum berisi 255 karakter.
= Memo : Data berupa karakter yang lebih panjang daripada
yang dapat disimpan oleh data text yaitu hingga
65536 karakter.
= Date/Time : Data berupa tanggal dan waktu.
= Hyperlink : Merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan
angka yang tersimpan sebagai alamat
hyperlink,webpages di internet.
= Lookup Wizard : Untuk membuat field yang mempunyai isian
data berbentuk daftar.

3. Jelaskan fungsi dari:
A. Tables : Tempat untuk menyimpan kumpulan data.
B. Queries : objek untuk mengatur data mana saja dari suatu
table yang ingin ditampilkan atau dapat
dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.
C. Forms : Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau
mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
tempat manipulasi data.
D. Reports : Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari
table atau queries.

4. Jelaskan pengertian:
A. Field : Merepresentasikan suatu atribut dari record yang
menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya
nama, alamat dan lain sebagainya.
B. Record : Kumpulan dari field.

5. Tuliskan definisi dari pengurutan data :
A. Asscending : Teknik mengurutkan data dari yang terkecil
sampai dengan yang terbesar (jika dengan
huruf dari a – z).
B. Descending : Teknik mengurutkan data dari yang terbesar
sampai dengan yang terkecil (jika dengan
huruf dari z-a).

Kelsen said...

Nama : Kelsen
Kelas : XI IPS.1
No. Absen : 28
Alamat Facebook : www.facebook.com/kelsentheng
E-mail Yahoo : kelsen_gokil@yahoo.co.id

1. Jelaskan pengertian database!
(1). Database adalah kumpulan informasiyang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
(2). Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
(3). Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.
(4). Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

2. Sebutkan dan jelaskan 5 tipe data yang terdapat dalam Microsoft Access 2007!

1. Text : menampung data berbentuk teks,
2. Memo : menampung data berbentuk teks yang panjang
3. Number : menampung data berbentuk angka (Long integer, Single, Doble,…)
4. Currency : menampung data berbentuk angka (uang)
5. Autonumber : menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya
6. Yes/No : menampung data Yes/No
7. OLE Object : menampung data nilai object OLE
8. Autonumber : nilai angka atau variasi angka huruf yang akan muncul Secara Otomatis ketika kita menginput data baru dan angka tersebut tidak bisa kita edit
9. Lookup Wizard : type data untuk menampilkan data dari tabel atau record lainnya atau dengan akta lain data yang diulang.
10. Attachment : type data yang digunakan untuk menampung/menyimpan/menampilkan lampiran persis seperti dalam sebuah email dan semua type data bisa ditampung disini

3. Jelaskan fungsi dari:
Tables
Queries
Forms
Reports

-Tables : salah satu fitur Excel yang mana dapat digunakan untuk mengatur dan menganalisa data dari tabel, terpisah dari data di luar tabel tersebut.
-Queries : Query berfungsi mengembalikan data dan melengkapi lembar kerja excel dengan informasi Query dan sumber data sehingga kita bisa menampilkan database tersebut kapan saja kita akan memperbaharuinya.
-Forms : Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface grid, tombol dan lain-lain. Form dalam Access dapat dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika kita bekerja dalam transaksi master detail.
-Reports : Report merupakan fasilitas dalam Microsoft Access yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan.

4 Jelaskan pengertian:
a.Field
b.Record

a. Field : Adalah merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
b. Record : Adalah kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5.Tuliskan definisi dari pengurutan data :
a. Asscending
b. Descending

a. Asscending : Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
cth ascending : 1,3,5,7,9,…

b. Descending : Descending merupakan kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.
cth descending : 9,7,5,3,1,…

Wendy XIS1 said...

1.Sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus
2.A. Text : menampung data berbentuk teks,
B. Memo : menampung data berbentuk teks yang panjang
C. Number : menampung data berbentuk angka (Long integer, Single, Doble,…)
D. Currency : menampung data berbentuk angka (uang)
E. Autonumber : menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya
F. Yes/No : menampung data Yes/No
G. OLE Object : menampung data nilai object OLE
3.A.Tables :Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B.Queries : Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data
C.Forms : Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D.Reports : Bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries
4.A.Field : Bagian dari table yang merupakan item-item (kolom) dari data
B.Record : Bagian dari tabel terdiri atas baris
5.A.Asscending : Mengurutkan menaik (misal A-Z atau 0-1000 dst)
B.Descending : Mengurutkan menurun(Misal Z-A atau 1000-0 dst)

Horison said...

Nama : Horison
Kelas : XI.SI
No.Absen : 25
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Adelia Dita SA said...

Nama : Adelia Dita SA
Kelas : XI.SI
No.Absen : 1
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

William said...

Nama : William
Kelas : XI.SI
No.Absen : 42
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Stefana said...

Nama : Stefana Putri Septarina
Kelas : XI.SI
No.Absen : 38
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Felecia Ratna said...

1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus

2. 5 jenis tipe data pada microsoft access :
1. Text , data berupa karakter/huruf , angka , termasuk karakter khusus , maksimum berisi 255 karakter .
2. Memo , data berupa karakter yang lebih panjang daripada yg dapat disimpan oleh data text , yaitu hingga 65536 karakter .
3. Date/time , data berupa tanggal dan waktu .
4. Currency , data angka yg menyatakan jumlah uang yg dapat dipakai jg untuk perhitungan.
5. Auto number, data berupa nomor2 berurutan secara otomatis.

3. a.tables adalah tempat untk menyimpan kumpulan data.
b. Quaries adalah objek untk mengatur data mana saja dari suatu tabel yg ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sbg tempat manipulasi data.
c.forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untk mengisi / mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
D. Reports adalah bentuk laporan yg dihasilkan dari tabel/queries.

4. A.field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel .
B. Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel .

5. a.asscending : suatu pengurutan data yg berawal dari data yang lebih kecil nilainya ke yang lebih besar nilainya.
B. Descending : suatu pengurutan data yang berawal dari data yang lebih besar nilainya ke yang lebih kecil nilainya

Desi O said...

Nama : Desi Odelia
Kelas : XI.SI
No.Absen : 14
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Willyanto said...

Nama : Willyanto Gunawan
Kelas : XI.SI
No.Absen : 43
1. Database adalah sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang memiliki tujuan khusus.
2. a. Text, data berupa karakter/huruf, angka, termasuk karakter khusus, maksimum berisi 255 karakter.
b. Memo, data berupa karakter yang lebih panjang daripada yang dapat disimpan oleh data text, yaitu hingga 65536 karakter
c. Number, data berupa angka yang dapat digunakan dalam perhitungan.
d. Date/Time, data berupa tanggal dan waktu
e. Currency, merupakan data angka yang menyatakan jumlah uang, yang dapat dipakai juga untuk perhitungan.
f. Auto Number, data berupa nomor-nomor berurutan secara otomatis.
g. Yes/No, yaitu data yang berisi dua kemungkinan isi datanya, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off, tergantung format yang kita pilih pada bagian propertinya.
h. OLE Object, untuk menyimpan data dari aplikasi Windows lain yang mendukung kemampun OLE (Object Linking and Embedding)
i. Hyperlink, merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink, web pages di internet, dsb
j. LookUp Wizard, untuk membuat field yang mempunyai pilihan isian data berbentuk daftar.
3. a) Tables adalah tempat untuk menyimpan kumpulan data.
b) Queries adalah objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat mamipulasi data.
c) Forms adalah fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.
d) Reports adalah merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries.
4. a) Field adalah atribut yang dimiliki oleh suatu tabel
b) Record adalah isian data yang dimiliki oleh tabel
5. a) Ascending merupakan pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya
b) descending merupakan pengurutan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Claudia Febricia said...

1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. -Text : Menampung data berbentuk teks
-Memo : Menampung data berbentuk teks yang panjang
-Number : Menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Double,...)
-Currency : Menampung data berbentuk angka (uang)
-Autonumber : Menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya

3. A. Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B. Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
C. Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi/mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D. Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4. A.Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
B.Record: Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5.Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
B.Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Nama : Claudia Febricia
Kelas : XI.S1
No : 12

Carina Novianty said...

1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. -Text :Menampung data berbentuk teks
-Memo :Menampung data berbentuk teks yang panjang
-Number :Menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Double,...)
-Currency :Menampung data berbentuk angka (uang)
-Autonumber :Menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya

3. A. Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B. Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
C. Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi/mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D. Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4. A.Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
B.Record: Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5.A. Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
B.Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Nama : Carina Novianty
Kelas : XI.S1
No : 10

Carina Novianty said...

1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. -Text : Menampung data berbentuk teks
-Memo : Menampung data berbentuk teks yang panjang
-Number : Menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Double,...)
-Currency : Menampung data berbentuk angka (uang)
-Autonumber : Menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya

3. A. Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B. Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
C. Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi/mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D. Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4. A.Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
B.Record: Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. A. Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
B.Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Nama : Carina Novianty
Kelas : XI.S1
No : 10

Claudia Febricia said...

1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. -Text : Menampung data berbentuk teks
-Memo : Menampung data berbentuk teks yang panjang
-Number : Menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Double,...)
-Currency : Menampung data berbentuk angka (uang)
-Autonumber : Menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya

3. A. Tables: Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B. Queries: Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
C. Forms: Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi/mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D. Reports: Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4. A.Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
B.Record: Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. A. Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
B.Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Nama : Claudia Febricia
Kelas : XI IPS 1
No : 12

Carina Novianty said...

1. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

2. -Text : Menampung data berbentuk teks
-Memo : Menampung data berbentuk teks yang panjang
-Number : Menampung data berbentuk angka(Long integer, Single, Double,...)
-Currency : Menampung data berbentuk angka (uang)
-Autonumber : Menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya

3. A. Tempat untuk menyimpan kumpulan data
B. Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu tabel yang ingin ditampilkan
C. Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi/mengedit data dalam bentuk formulir elektronik
D. Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari tabel atau queries

4. A.Field : merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
B.Record: Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.

5. A. Sort Ascending
Sort Ascending adalah teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a – z)
B.Sort Descending
Sort Descending adalah teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai dengan yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)

Nama : Carina Novianty
Kelas : XI IPS 1
No : 10

yosep_ferdinand@yahoo.com said...

nama:ferdinand
kelas:xiips 1
no.absen:19
jawaban:
1.database adalah=sekumpulan program informasi yang berhubungan dengan objek tertentu yang meiliki tujuan khusus.
2.* Text : menampung data berbentuk teks,
*Memo : menampung data berbentuk teks yang panjang
*Number : menampung data berbentuk angka (Long integer, Single, Doble,…)
* Currency : menampung data berbentuk angka (uang)
* Autonumber : menampung data yang secara otomatis bertambah nilainya
3. TABLES=TEMPAT UNTUK MENYIMPAN KUMPULAN DATA
QUERIES=UNTUK MENGATUR DATA MANA SAJA DARISUATU TABEL YANG INGIN DI TAMPILKAN
FORMS=UNTUK MENGISI ATAU MENGEDIT DATA DALAM BENTUK FORMULIR ELEKTRONIK
REPORTS=MERUPAKAN BENTUK LAPORAN YANG IHASILKAN DARI TABEL AN REPORTS MERUPAKAN LAPORAN YANG DAPAT DI TAMPILKAN DI LAYAR
4.FIELD ADALAH=merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data, seperti misalnya nama, alamat dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.
RECORD ADALAH=Kumpulan dari field membentuk suatu record. Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap record dapat mewakili data tiap karyawan.
5 ASSCENDING ADALAH= pengurutan data yang mana data diurutkan dari data yang terkecil sampai data yang terbesar nilainya.
descending adalah=kebalikan dari ascending yaitu mengurutkan data dari data yang terbesar sampai data yang terkecil nilainya.

Helia Eva said...

Nama: Eva nurdiana
Kelas: XI IPS1/16

1. Database: sekumpulan informasi yang berhubungan dengan objek yang memiliki tujuan khusus.

2. Text: Data berupa karakter/huruf. (Max berisi 255 karakter)

Memo: Data berupa karakter yg lebih panjang yg dapat disimpan oleh data text yaitu hingga 65536 karakter.

Date/time: Data berupa tanggal dan waktu.

Hyperlink: Merupakan bentuk teks atau kombinasi teks dan angka yang tersimpan sebagai alamat hyperlink,webpages di internet.

Lookup wizard: Untuk membuat field yang mempunyai isian data berbentuk daftar.

3. Tables: Tempat untuk menyimpan sekumpulan data.

Queries: Objek untuk mengatur data mana saja dari suatu table yang ingin ditampilkan atau dapat dikatakan pula sebagai tempat manipulasi data.

Forms: Fronted aplikasi atau tampilan untuk mengisi atau mengedit data dalam bentuk formulir elektronik.

Reports: Merupakan bentuk laporan yang dihasilkan dari table atau queries.

4. Fields: Mempresentasikn suatu atribut dari record yang menunjukan suatu item dari data, seperti nama, alamat, dsb

Record: Kumpulan dari field.

5. Asscending: Teknik mengurutkan data dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar(jika dengan huruf dari a-z)

Descending: Teknik mengurutkan data dari yang terbesar sampai yang terkecil (jika dengan huruf dari z-a)