Sekilas Tentang Database

Pengertian database yang paling sederhana adalah kumpulan dari tabel. Satu tabel merepresentasikan suatu entitas tertentu. Suatu entitas terdiri atas beberapa atribut.
Contoh:
Keterangan:
Tabel terdiri dari field atau kolom, dan record atau baris. Field merupakan atribut dari tabel, sedangkan record merupakan isi dari masing-masing atribut tabel.
  • Tabel pegawai memiliki entitas pegawai.
  • Atribut-atribut yang ada pada tabel pegawai disebut Field atau kolom.
  • Isi dari masinng-masing atribut atau field disebut record atau baris.
Pada contoh tabel di atas dapat dilihat bahwa tabel tersebut terdiri atas 4 record. Masing-masing record menggambarkan atribut-atribut yang dimiliki oleh seorang pegawai. Sebagai contoh pada record pertama, pada record ini menggambarkan seorang pegawai dengan NIK 001, namanya Andi Odang, jenis kelaminnya pria, dan lahir pada tanggal 01 Januari 1975.

Kemudian untuk membedakan antara pegawai yang satu dengan yang lain (antara record satu dengan yang lain) diperlukan satu atribut (filed) yang UNIK yang disebut Primary Key. Primary Key akan berisi data yang tidak akan pernah sama antara yang satu dengan yang lain (data tidak mungkin berulang). Pada contoh tabel di atas, field NIK dipilih sebagai primary key, karena tidak mungkin seorang pegawai akan memiliki NIK yang sama dengan pegawai yang lain. Akan berbeda jika NAMA, JENIS_KELAMIN, atau TANGGAL_LAHIR yang dipilih sebagai primary key, karena banyak kemungkinan dalam satu perusahaan akan ada 2 orang bahkan bisa lebih memiliki nama, jenis kelamin dan tanggal lahir  yang sama.

Tabel-tabel yang ada dikumpulkan dalam satu container atau wadah. Wadah inilah yang sering disebut database.
Dalam suatu database, tabel merupakan unsur yang paling penting dan menentukan dalam  pengelolaan database itu sendiri. Karena itu pembuatan struktur atau desain tabel harus dirancang sebaik-baiknya sejak awal dengan menentukan nama_tabel, type_data, ukuran_field, dsb.

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA