Perbedaan antara Website dan Blog

Apabila pertanyaan di atas dilontarkan, mungkin setiap narasumber memiliki jawaban yang berbeda mengenai perbedaan antara blog dan website. Pada dasarnya, sebuah blog merupakan website, blog awalnya merupakan kependekan dari Web Log. Silahkan baca artikel sebelumnya di sini. Namun dari apa yang secara kasat mata dapat kita tangkap pada tampilan blog dan website, mungkin dapat ditarik sedikit kesimpulan mengenai perbedaan antara Website dan Blog sebagai berikut:
  1. Artikel pada blog biasanya diurutkan secara kronologis dengan artikel terbaru di depan. Hal ini merupakan warisan dari aspek jurnal / diary online untuk blog. Sebelum menjadi bentuk yang sekarang ini, blog merupakan online diary, tempat publisher memajang aktifitasnya. Dan diary, sudah barang tentu diurutkan berdasarkan urutan waktu.
  2. Blog memiliki kemudahan dalam menambahkan konten baru. Pada umumnya blog memiliki “dashboard”/back-end untuk mengelola artikel yang mudah digunakan, oleh pengguna internet awam sekalipun. Hal ini membuat pengguna internet awam dapat mempublikasikan tulisannya dengan mudah, dan mendorong penyebaran blog.
  3. Konten blog diupdate secara berkala. Dalam hal ini, untuk sebuah blog yang dirawat dengan baik dengan melakukan update secara berkala konten pada blog, hal ini membuat pengunjung selalu kembali untuk mendapatkan konten terbaru dari blog itu sendiri.
  4. Blog memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar. Jika website biasa hanya menyediakan “komunikasi satu arah”, dimana pengunjung hanya menerima apa yang diberikan publisher secara gamblang, maka blog memberikan "komunikasi dua arah” pada pengunjung. Hal ini memciptakan banyak perbedaan. Konten yang di publikasi dapat diberi komentar, dan komentar dapat dibalas dengan komentar lain, sehingga tercipta diskusi disana.
  5. Yang membuat Blog lebih dipercaya dari website biasa : Blog merupakan “percakapan”. Berkaitan dengan semua poin diatas, blog tidak hanya sekedar “memberikan informasi” pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Demikian sekilas gambaran mengenai perbedaan antara website dengan blog. Semoga bermanfaat. Artikel ini dapat Anda baca juga di sini.

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA