Jalan Sehat dan Pembukaan Perayaan 25 Tahun SMA XAVEGA berlangsung Meriah

Palembang, 25 Februari 2012.
Suasana kawasan Jl. Kolonel Atmo pagi ini terasa berbeda dari hari-hari biasanya. Sejak pukul 05:00 pagi, terlihat sudah banyak kerumunan siswa/i, guru dan karyawan SMA Xavega memadati jalan masuk dan lingkungan SMA Xavega.
Menjelang pukul 06:00 WIB, keramaian siswa dan guru serta karyawan semakin banyak memadati halaman sekolah. Ditambah lagi dengan kedatangan para siswa dari beberapa SMA Xaverius lainnya yang memang diundang untuk meramaikan kegiatan jalan sehat tersebut, diantaranya dari SMA Xaverius 1, SMA Xaverius 2, SMA Xaverius 4, SMK Xaverius 1, dan beberapa SMP Katolik dalam kota Palembang yang juga mengirimkan utusannya. Tidak kurang dari 1200 peserta siap untuk mengikuti kegiatan jalan sehat pagi itu.

Melepas keberangkatan peserta jalan sehat dengan pengibaran bendera start oleh Romo Felix Astono Atmaja, SCJ dan tembakan Air SoftGun oleh Romo Y.A.M. Fridho Mulya, SCJ. MM.

Setelah mendapat pengarahan dari Bpk. Drs. Alex Koharman, dan diawali dengan doa, tepat pukul 06:00 WIB acara jalan sehatpun dimulai dengan pengibaran bendera start oleh Vikjen Keuskupan Agung Palembang, Romo Felix Astono Atmaja, SCJ dan tembakan air softgun oleh Ketua Yayasan Xaverius Palembang, Romo Y.A.M. Fridho Mulya, SCJ, MM. Antusias dan semangat para siswa dan guru sangat terasa ketika melalui rute jalan sehat sejauh lebih kurang 7 km. Canda tawa dan senda gurau mengiringi perjalanan rombongan besar peserta sejak start hingga kembali ke garis finish di halaman SMA Xavega.

Suasana ceria, semangat, dan persaudaraan mewarnai seluruh peserta sepanjang perjalanan. Always, One Step Ahead

Tiba di garis Finish, para peserta disambut dengan pembagian makanan dan minuman ringan sebagai "pengganjal perut", sembari diiringi dengan beberapa tembang kenangan "Koes Plus" dan "Wali Band" yang dibawakan oleh Band Guru/Karyawan SMA XAVEGA yang tergabung dalam "Giono's Band" dengan personil terdiri dari Pak Giono (drummer), Pak Tiyok (basist), Pak Pitra (gitaris), Pak Dwik (keyboard), dan Pak Nunus (vokalis).

Rasa letih mengikuti jalan sehat telah berkurang setelah berisitirahat sejenak sembari menikmati sajian tembang kenangan persembahan Giono's Band. Acara pun berlanjut dengan pembukaan perayaan pesta perak (25 tahun) SMA XAVEGA secara resmi, dipandu oleh pembawa acara Bpk. Moses Pamostang dan Ibu Ratna Sari Dewi.

Istirahat di bawah tenda selepas jalan sehat, sembari menikmati makanan dan minuman ringan serta aksi panggung para selebriti SMA Xavega.

Setelah mendengarkan beberapa kata sambutan, diantaranya dari Ketua Umum Panitia Pesta Perak (Lustrum V), Bpk. Drs. Ig. Winarno, Kepala SMA Xaverius 3, Bpk. St. Agus Yuswana, M.M, Ketua BPH Yayasan Xaverius Palembang, Romo M. Prito Kuswardono, Pr, Wali kota Palembang yang diwakili oleh Kasi Kurikulum Dinas Dikpora kota Palembang, Bpk. Drs. Nursamsu, M.M, yang sekaligus mencanangkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Narkoba di lingkungan SMA Xaverius 3, tepat pukul 10:00 WIB, rangkaian perayaan Pesta Perak (Lustrum V) SMA Xaverius 3 Palembang di buka secara resmi dengan pengguntingan pita pembuka tirai backdrop Pesta Perak SMA XAVEGA, yang dilakukan oleh Bapa Uskup Agung Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ.

Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ melakukan pengguntingan pita untuk membuka tirai backdrop, menandai dimulainya peringatan pesta perak, 25 tahun SMA Xavega Palembang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman 9 pohon secara simbolis sebagai sebagai bentuk nyata tema jalan sehat pesta perak / Lustrum V kali ini, yaitu GO GREEN sekaligus sebagai dukungan kepada Pemerintah dalam program penghijauan. Penanaman pohon dilakukan oleh Bapa Uskup Agung Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ, Bpk. Drs. St. Agus Yuswana, M.M, Romo M. Priyo Kuswardono, Pr, dan Bpk. Drs. Y. Samodra Nugraha.

Bpk Drs. Y. Samodra Nugraha dan Romo M. Priyo Kuswardono, Pr melakukan penanaman pohon untuk gerakan penghijauan di SMA Xavega.

Mengenai gerakan menanam pohon ini, kepala SMA Xavega, Bpk. Drs. St. Agus Yuswana, MM berharap bahwa hal ini bisa diterapkan oleh siswa ketika mereka berada di luar sekolah sebagai bentuk kecintaan kepada alam. Bila hal ini sudah membudaya, maka alam kita akan asri. (dikutip dari harian Sumatera Ekspres, 27/2/12).

Acara jalan sehat dan pembukaan rangkaian perayaan Pesta Perak SMA Xaverius 3 ini semakin "menghangat" dengan performe siswa/i SMA Xavega yang menampilkan berbagai aksi mereka dalam sajian Modern Dance, Tari Tradisional, Vokal Group, Sulap, Band, dan pertunjukan Barongsai. Semua itu hanya dapat diucapkan lewat kata "SERU", "SERU", dan "SERU

Perfome kelompok vokal group SMA Xaverius 3 yang ciamik mampu menghipnotis audiens. Amazing..!

Ditambah lagi dengan aksi Pak Yoto, Pak Toni, Pak Purda, Sir Widi, Pak Moses, dkk yang "menggila" lewat lagu Dankdut "Kuda Lumping" dan "Rindu" serta lagu "Alusiau" semakin menghangatkan suasana siang itu.
Nggak mau kalah dengan bapak-bapak, Ibu Christin dan Ibu Titik pun ikut menyumbangkan suara emasnya lewat sebuah lagu dankdut yang sedikit syahdu. Wow, ternyata tidak hanya hebat di dalam kelas, aksi panggung guru-guru Xavega juga luar biasa, amazing...!

"Maragam ragam do anggo sita sita didhita manisia...Marasing asing do anggo pangidoan diganup ganup jolma...Alusiau

Kehebohan acara jalan sehat ini terus berlanjut saat pembagian hadiah doorprize yang dipandu oleh Pak Yoto, Pak Purda, dan "Sir" Widi. Ekspresi wajah "berharap dapat hadiah" akhirnya berujung kepada "ekspresi kecewa, gemes, emosi, dll" karena nomor undiannya tak kunjung disebut, atau sebaliknya berujung "bahagia" karena akhirnya berhasil memperoleh doorprize.
Penarikan undian doorprize oleh Bpk. Drs. Y. Samodra Nugraha, mantan ketua Yayasan Xaverius Palembang. Siapakah yang beruntung?

Untuk doorprize utama, berupa 1 unit laptop merk COMPAQ, akhirnya jatuh ke pelukan Marvina Wulandari (XII IPS 5), satu unit netbook akhirnya didapatkan oleh Ibu Endang (istri Bpk Eka), dan 1 unit LCD TV 22" yang jatuh ke tangan Troy Mandera (XII IPS 5). Selamat kepada para peraih doorprize. Yang belum berhasil memperoleh doorprize, jangan berputus asa, mari teus berusaha meraih mimpi. Hehehe...

Bpk. Drs. Y. Samodra Nugraha menyerahkan hadiah TV LCD 22" yang akhirnya di bawa pulang oleh Troy Mandera (XII IPS 5)

Bpk. Drs. Ig. Winarno menyerahkan hadiah Netbook yang berhasil diperoleh oleh Ibu Endang.

Bpk. Drs. St. Agus Yuswana, MM. menyerahkan hadiah laptop Compaq yang akhirnya jatuh ke pelukan Marvina Wulandari (XII IPS 5)

Dan akhirnya, dengan penyerahan hadiah utama doorprize kepada peserta yang beruntung, berakhir pula kegiatan jalan sehat dan pembukaan pesta perak Ulang Tahun SMA Xaverius 3 pada hari itu.

Selanjutnya, segenap keluarga besar SMA Xaverius 3 Palembang akan melaksanakan rangkaian kegiatan perayaan 25 tahun (Pesta Perak) SMA XAVEGA yang telah direncanakan selama tahun 2012 ini, antara lain:
  1. Seminar Pendidikan.
  2. Pameran Pendidikan.
  3. Pentas Seni IV.
  4. Bakti Sosial.
  5. Misa Syukur.
  6. Penyusunan Buku Kenangan 25 tahun SMA Xavega.


Proficiat, Congratulation SMA Xaverius 3 Palembang

XAVEGA : ONE STEP AHEAD. In XAVEGA You'll Never Walk Alone.


Untuk meyaksikan rekaman peristiwa meriahnya acara jalan sehat dan pembukaan peringatan pesta perak SMA XAVEGA, silahkan lihat foto-fotonya di sini.

0 comment:

Post a Comment

Silahkan tuliskan komentar Anda dengan sopan dan bijak, tidak menyinggung pihak lain, tidak berisi link aktif sehingga dapat dianggap spam.
Anda tidak punya ID khusus untuk berkomentar?
Gunakan pilihan Name / URL, URL bisa dkosongkan atau diisi dengan alamat Facebook Anda..

Terimakasih atas kunjungannya. Salam XAVEGA